Perjalanan Meraih Beasiswa LPDP Part #1

Jika kamu hendak melanjutkan kuliah S2 atau S3 di dalam maupun di luar negeri, maka beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang patut dan layak kamu perjuangkan. Konon, beasiswa ini merupakan beasiswa pemerintah Indonesia yang paling bergengsi saat ini. LPDP menyediakan beasiswa sejak 2011, dan sampai saat tulisan ini di post, total penerima beasiswa lebih dari 18.000 mahasiswa.

Menurut perspektif saya, kenapa beasiswa LPDP ini sangat dikejar oleh banyak orang adalah karena beasiswa ini menyediakan full scholarship baik itu untuk tuition fee dan living allowance yang di atas rata-rata. Sistem pemberian beasiswa pun dikenal on time, suatu hal yang sangat penting sekali apabila kita ingin hidup dan bersekolah apalagi di luar negeri dengan aman. Selain itu, LPDP juga memberikan fasilitas “talent pool” untuk para alumni lulusan LPDP yang berprestasi, jadi tidak akan kebingungan lagi mencari pekerjaan setelah lulus. Ya, syaratnya asalkan berprestasi akademik maupun non akademik.

Hanya saja seleksi beasiswa LPDP lumayan rumit dan panjang serta memiliki persyaratan harus siap kembali ke Indonesia setelah menempuh pendidikan. Banyak sekali beasiswa untuk kuliah ke luar negeri, misalnya Chevening dari pemerintah UK, AAS dari pemerintah Australia, ada Stuned, Tulip, Neso, dari pemerintah Belanda, DAAD dari Jerman, Fulbright dari US, MEXT (Monbukagakusho) dari pemerintah Jepang, KGSP dari pemerintah Korsel, dan masih banyak lagi. Hanya saja, peluang untuk mendapatkan beasiswa tersebut lebih kecil dikarenakan saingan kita seluruh dunia dan biasanya ada kuota per negara yang <100 awardee dan terbatas pada jurusan tertentu. Selain itu, beasiswa-beasiswa bergengsi di atas spesifik jika kamu hendak berkuliah di negara tersebut. Nanti saya akan jelaskan satu persatu beasiswa pemerintah luar negeri di post yang berbeda. Berbeda dengan beasiswa LPDP, kamu bebas memilih dari Top 200 universitas di dunia yang sudah disusun LPDP. Di tahun 2017 sendiri, ada 1197 awardee penerima LPDP (sangat banyak!).

Tahapan seleksi LPDP dari tahun ke tahun terus diperbaharui dan lebih menantang. Tahun 2017, terdiri atas seleksi administrasi, online assessment, tes substansi (essay on the spot, LGD, dan panel interview). Jika kamu ingin membaca informasi lengkap terkait beasiswa LPDP bisa dibaca disini http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s