Pencarian Kampus

Nyari kampus tahun 2018 dengan nyari kampus 8 tahun yang lalu sepertinya tidak jauh beda. Boleh dikata saya penganut ajaran yang penting tebar jaring sebanyak-banyaknya, masa iya ga satupun yang dapet. Dulu sempat daftar ITB, UI, dan UGM dengan jalur ujian dan jalur undangan:

  • PMDK UI:  FK (rejected)
  • PMDK UGM:  FK (rejected)
  • USM ITB: STEI, FTI, FTTM
  • UTUL UGM: FK, Ilmu komputer
  • SIMAK UI: FK dan FKG

Dulu sebenarnya ga minat – minat amat juga FK, cuman milih aja karena orang-orang di kelas pada milih FK(biar ga beda). Trus akhirnya emang bukan ditakdirkan menjadi seorang dokter, saya akhirnya menjadi sarjana Teknik Elektro.

Trus buat S2 ini saya juga masih penganut ajaran yang sama. Selama biaya aplikasinya ga mahal-mahal amat, ya coba aja daftar. List universitas yang saya daftar dan membuahkan Letter of Accepatence (LoA)

  • The Australian National University
  • Sydney University
  • Monash University
  • Melbourne University
  • KTH Royal Institute of Technology
  • University of Manchester
  • University of Amsterdam

Kebanyakan univ yang saya daftar itu adalah universitas di Australia. Kenapa? Karena universitas di Australia termasuk 200 besar universitas tujuan yang terdaftar di LPDP. Selain itu, dengan bantuan agen seperti IDP kita dapat mensubmit aplikasi kita hanya dengan menyerahkan Ijazah, transkrip, dan IELTS kepada agen. Agen akan memasukkan data-data kita ke aplikasi universitas. Kitapun sama sekali tidak membayarkan uang pendaftaran karena universitas bekerja sama dengan agen. Lain halnya jika kita harus mendaftar sendiri dan melengkapi data informasi sendiri trus juga harus bayar. Jadi apa keuntungan agen seperti IDP ini? Apakah uang kuliah mahasiswa yang dibantu agen lebih mahal? Tidak. Nyatanya agen mendapatkan keuntungan berupa persenan dari universitas untuk setiap mahasiswa internasional yang berhasil masuk ke universitas tersebut. Tau sendirikan tuition fee mahasiswa internasional itu hampir 2x lipat mahasiswa lokal.

Salah satu keunggulan lain study di Australia itu adalah kamu tidak butuh rekomendasi dan motivation letter.

University of Manchester dan Amsterdam adalah salah dua kampus yang tidak memungut biaya pendaftaran. Selain itu aplikasi kedua universitas ini juga cukup mudah dimana surat rekomendasi diupload bukan diisi secara online oleh pemberi referensi. Menurut saya pribadi, meminta rekomendasi dari dosen yang berbeda kota dengan domisili kita juga cukup PR. Tentu kita harus mendatangi beliau kemudian mengingatkan deadline pengisian surat rekomendasi. Beruntungnya saya, mendapatkan rekomendasi dosen yang masih inget saya padahal sudah 3 tahun lulus. Dan ajaibnya beliau hanya membuatkan saya 1 rekomendasi, dimana waktu itu saya minta 5 tujuan universitas berbeda-beda. Jadi, dalam surat tersebut tidak dicantumkan universitas tujuan saya, sehingga rekomendasi ini bisa saya pakai berulang-ulang. Sangat berguna sekali, apalagi tipikal saya sebagai mahasiswa yang suka menebar jaring dimana mana.

Berbeda dengan kampus-kampus kebanyakan, di Swedia sistem pendaftaran universitasnya boleh dikata mirip SBMPTN. Dimana dalam suatu test kita mencantumkan berbagai perguruan tinggi beserta jurusan yang kita mau. Swedia memiliki admission universitas terpusat. Dengan membuat akun di https://www.universityadmissions.se maka kita dapat memilih maksimum 4 universitas/jurusan. Jadi kita boleh memilih 4 jurusan di kampus yang sama, atau 4 jurusan di kampus yang berbeda. Jadi, biaya pendaftaran kampus di Swedia itu cukup murah, yaitu Rp 1.500.000 untuk 4 jurusan berbeda (@375.000).

Jadi kesimpulannya, saya hanya daftar kampus yang murah atau gratis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s