Apalah Arti Sebuah Nama

Yak. Apalah arti sebuah nama, jika tidak menggetarkan hati seseorang memiliki makna. Asal muasal nama saya diambil dari inspirasi seorang tetangga, yang baru saja menghadap Illahi minggu lalu (Allahummagfirla ha warham ha), dari sebuah film lawas yang tayang di era 90an. Film yang dibintangi artis legendaris, Desi Ratna Sari menjadi begitu populer di kalangan ibu-ibu Minangkabau karena latar dan plot cerita yang diangkat merepresentasikan kehidupan negeri kami.

Apakah kalian pernah menonton ini, Sengasara Membawa Nikmat? Kurasa tidak.

Desi Ratna Sari menjadi buah bibir ibu-ibu ranah Minangkabau. Tak ayal, berbondong-bondong anak perempuan kelahiran 90an memiliki satu atau dua potong nama yang diambil dari sang artis. Jadi, menemukan Ratna Sari yang lain di kelas SD, SMP, ataupun SMA adalah satu hal yang teramat lumrah.

Dari lahir, saya memiliki 3 suku kata. Satu-satunya di keluarga kami yang memiliki keistimewaan ini. Konon katanya dengan memiliki 3 suku kata nama akan memudahkan kamu untuk berhaji kelak. Who knows?

Ijazah SD-SMA saya mencantumkan nama dengan format yang benar, yang saya yakini adalah kepunyaan saya. Sampai akhirnya (sebelum ber-KTP) sistem peradministrasian data kependudukan provinsi Sumatera Barat diperbaiki. Kami, yang tidak pernah memiliki akte kelahiran, mau tidak mau harus mendatangi pihak berwenang untuk membuat akte kelahiran. Sebenernya, ibu sendiri sih yang dateng. Kita cuman menunggu hasil he he.

Begitulah akhirnya Ria Ratna Sari yang saya miliki 17 tahun berubah dalam sekejap karena kesalahan petugas administrasi akte kelahiran (yang kutak tau apa nama lembaganya). Di akte, nama saya bergeser menjadi 2 suku kata. Padahal KK yang dibawa sebagai dokumen bukti pembuatan akte kelahiran benar.

Oh ya sudah. Saya waktu itu berada di Bandung dan tidak berniat untuk mengurus perubahan. Sampai akhirnya pada tingkat 3 saya harus membuat paspor. Ternyata rujukan paspor adalah Akte kelahiran, bukan KTP atau KK. Saya tidak bisa meyakinkan petugas imigrasi untuk memberikan satu spasi tunggal memisahkan antara Ratna dan Sari. Begitulah akhirnya pasporpun tidak mencantumkan nama saya sebenarnya.

Tidak ada masalah selama ini. Keluar negeripun tidak masalah karena saya selalu menyamakan nama penumpang dengan nama tercantum di passpor. Permasalahan yang saya hadapi terjadi justru hari ini, di ujian perdana saya di negara asing.

Rumitnya, pendaftaran perkuliahan dulu tidak mensyaratkan nama harus sesuai dengan identitas resmi. Oleh karena itu, wajar saya mempergunakan nama saya sebenarnya yang memiliki 3 suku kata. Nama ini dijadikan acuan untuk data diri mahasiswa. Rumitnya lagi, sistem ujian di sini mensyaratkan untuk membawa identitas diri setiap kali pelaksanaan ujian. Ujian di pagi hari nan gelap dan hujan dengan persiapan kapasitas otak 30% membuat saya bertambah panik. “Antri sajalah, masa iya ga boleh masuk. Kan pengawasnya udah tua-tua, kurang spasi aja pasti ga kelihatan”, pikirku. Ternyata ekspektasiku salah. Mereka tidak memperkenankan ku masuk karena last name saya yang tercantum di daftar peserta ujian dan di paspor berbeda. Mereka menyuruh saya untuk masuk 30 menit kemudian, sesuai aturan KTH. Mak! Dengan bujuk rayu dan memelas, meyakinkan bahwa semua ini kesalahan petugas adminstrasi, akhirnya saya bisa masuk juga. Saya tidak habis pikir berapa ujian lagi yang akan saya hadapi dengan kerumitan-kerumitan ini. Bahkan saya terfikirkan untuk mengganti nama student saya saja, menyesuaikan dengan pasport. Gila! ternyata efeknya lumayan…rumit.

Beginilah, sedikit banyak curahan yang lebih sering saya tumpahkan di ig story dari pada membuatnya menjadi sebuah cerita tak bermakna.

Screen Shot 2018-10-23 at 22.42.07

“Karena spasi kurang satu, rusak mood ujian dua tahun”

One thought on “Apalah Arti Sebuah Nama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s