Pemilu di Swedia itu…

Beruntung. Tak telalu mendengarkan campaign2 pembela kedua calon. Menemukan satu dua orang saja yang mendengarkan menjelekkan salah satu calonpun saya sangat kesel. Apalagi untuk mereka yang seharusnya termasuk kalangan terdidik, mahasiswa menempuh studi master.

Lucunya, H-1 pemilu kemaren teman saya malah mempertanyakan tentang deklarasi UAS dan UAH tentang calon presiden mereka di publik. Saya sih biasa aja, tapi komentar teman saya ini justru membuat saya mempertanyakan apakah dia beneran dari kalangan orang terdidik. Tak bedanya berkomentar seperti netizen yang berseliweran di dunia maya. Apalagi sampai personal offense ke UAS dan UAH sih. Saya cuman nimpalin, “ya udah sih, tiap orang kan punya hak, nah kebetulan aja mereka termasuk publik figure, ga ada salah nya dan ga ada bedanya dengan kamu cuman kamu tidak sepopuler ustad-ustad itu”

Ga kebayang kalo hidup di Indonesia di kondisi ini…

Menurut saya orang yang memilih Jokowi itu mungkin karena Jokowi sudah pernah memimpin dan tak mau take a risk atau takut sama desas-desus masa lalu Prabowo dan mertuanya. Kasian juga sih karena sampai saat ini kita belum benar-benar tau apakah dia bersalah atau tidak.

Sedangkan orang yang memilih Prabowo mungkin adalah orang yang tidak puas dengan Jokowi dan optimis akan perubahan.

Sedangkan orang yang golput mungkin adalah orang yang merasa kedua kandidat tidak ada yang cocok daaaan berharap kotak kosong lebih banyak sebagai bentuk perwujudan masyarakat akan ketidakpuasan ke-2 calon. Saya suka sih suatu quote dari seorang Komika, mending kita beli payung yang bocor atau beli payung yang sama sekali ga bisa dibuka atau ga beli sama sekali. Mindset ini jugalah yang membuat saya golput selama ini..

Dan sekarang saya menonton debat setelah pemilu dan menyesali pilihan presiden saya tadi….

One thought on “Pemilu di Swedia itu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s