Summer School di Trento, Italy

Apasih yang bisa dilakukan di sela-sela liburan summer? Ada yang memilih traveling ada jg yang beruntung mendapatkan internship di perusahaan. Summer break kali ini berlangsung kira-kira 2 bulan yang begitu cepat saja berlalu. Seperti angin.

Karena tidak kunjung mendapatkan summer internship, akhirnya saya menghabiskan sebagian waktu liburan saya dengan summer school saja. Summer school ini program yang diwajibkan oleh jurusan saya. Kami disuruh memilih 3 tempat summer school dengan topik dan lokasi berbeda-beda. Tentu saja, saya memilih tempat dengan topik yang menarik dan lokasi yang bisa dibuat travelling. Saya memulai summer school pada pertengahan Juli 2019 dengan topik Digital Cities as Infrastructure for Smart Mobility.

EIT Digital Summer School Locations Map

Secara garis besar, disini kami dibina untuk menelurkan bisnis idea dengan pendekatan technology untuk memecahkan permasalahan utama Milan municipality. Di minggu pertama kami belajar tentang business concept dan juga teknologi terkat dengan smart mobility, seperti IoT, big data, dan embedded system. Di minggu kedua, kami mulai dibagi per tim untuk membuat ide bisnis terkait smart city/mobility.

Summer school ini sendiri sebenarnya disponsori oleh EIT (European Institute of Innovation and Technology). Semua hal, termasuk tiket pesawat, makan, city pass, dan hotel gratis. Satu hal yang saya pelajari dari orang eropa adalah mereka memanfaatkan universitas untuk memecahkan isu-isu negara-negara eropa. Mereka merangkul mahasiswa untuk turut berfikir dan berkontribusi buat kemajuan negara-negara eropa. Salut!

Sebagai pelajar negara Scandinavia, saya cukup terbantu untuk memberikan insight innovation buat kota Milan. Untuk urusan transportasi, menurut saya negara-negara Scandinavia masih menjadi yang terbaik (meskipun baru mengunjungi 12 negara). Di akhir summer school,  tim kami mendapatkan peringkat 2 dan sayangnya tidak dapat hadiah apapun.

DSC02884
Hotel kami selama summer school

Selain belajar ilmu, di sini saya juga jadi bisa berteman dengan teman-teman dari berbagai universitas. Karena program ini sangat intens dimulai dari jam 7 pagi hingga jam 6. Dan kita semua ditempatkan di hotel yang sama.

WhatsApp Image 2019-07-26 at 09.34.43
Peserta summer school: 19 nationalities

Selain itu menurut saya, Trento adalah salah satu kota yang paling bagus yang pastinya akan saya kunjungi lagi. Pemandangan yang elok yang saya rasa akan sangat cantik sekali saat winter. Layak disandingkan dengan kota-kota yang ada di Norway. Di Italy sendiri saya sempat mengunjungi kota Venice, Florence, dan Pisa. Tetap Trento paling bagus.

DSC02881
Pemandangan depan hotel. Chakep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s