#5 Kontemplasi: Mengapresiasi

Seberapa seringkah kita mengapresiasi karya orang yang bermanfaat bagi kita?

Kalo dipikir-pikir, rasa-rasanya baru enam bulan belakangan ini saya mulai berubah. Sejak dulu, sering banget saya belajar/nonton dari youtube atau baca tulisan orang-orang di media social tanpa ngasih interaksi sosial. Abis nonton atau baca, saya jarang banget ngasih apresiasi atas karya orang tersebut, bahkan tidak sebuah jempolpun. Memang males nya akut, ampe buat mengapreasiasi aja males, padahal saya memetik manfaat dari karya itu.

Seiring umur bertambah, saya makin paham bahwa apresiasi kecil kita bisa ngedrive orang lain untuk terus berkarya yang pada akhirnya akan bermanfaat buat kita juga. Hal ini bermula ketika saya nyari-nyari solusi buat bugs codingan yang ga ketemu-ketemu. Abis itu, nyasarlah di sebuah video yutub yang sudah agak lawas milik orang Vietnam yang ngasih tutorial dalam bahasa Vietnam yang menyelamatkan hari saya waktu itu. Sayangnya, dia udah lama ga bikin video lagi karena katanya viewersnya dikit dan memutuskan untuk menjadi programmer biasa.

Naaah, akhir-akhir ini udah banyak banget channel yang saya subscribe dan activity like di sosmed yang udah ribuan. Apakah emang udah mulai ke phase emak-emak, yang semua post-an orang di like :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s