Tentang Ramalan

Ketika saya masih SD, kampung kami giat sekali mengadakan acara pesantren kilat. Memang sekolah di bulan puasa di awal 2000an cukup singkat. Kalo tidak salah ingat, kami hanya sekolah beberapa hari saja di bulan Ramadhan. Ibu saya tidak pernah absen mengirim saya dan kakak perempuan saya untuk mengikuti acara pesantren kilat tahunan ini. Pesantren ini kira-kira berlangsung selama seminggu. Selama pesantren kilat, kami menginap di MDA yang berlokasi cukup dekat dari rumah. Bila tiba waktunya berbuka dan sahur, ibu selalu datang membawakan kami makanan. Entah kenapa, perasaan bahagia disamperin ibu yang membawakan makanan itu masih tampak jelas di ingatan saya. Pun, dengan suatu sesi pesantren kilat kala itu.

Materi pesantren kilat hampir sama setiap tahunnya: belajar membaca alquran, hafalan surat pendek dan hadits, belajar fiqih, dan tentunya belajar cara sholat yang baik dan benar. Biasanya juga ada lomba cerdas cermat di akhir. Pernah saya menang ngalahin kakak saya :))

Saya ingat sekali suatu kejadian pesantren kilat kalat itu. Ketika saya duduk di kelas 4 SD atau kira-kira di tahun 2002. Waktu itu adalah materi bebas malam hari. Kami kedatangan seorang ustazah dari luar. Materinya adalah tentang membaca karakter orang melalui gambar. Semua peserta pesantren kilat disuruh menggambar sebuah pohon. Sayapun menggambar sebuah pohon andalan yang tak pernah lupa saya selipkan di buku gambar saya.

Gambar pohon andalan

Ustazah itu menganalisis bahwa saya adalah anak yang cerdas cuman kalo di sekolah, berbeda sekali dengan di rumah. Jleb. Tentu saja saya tidak percaya hal itu. Tapi, yang lebih buruknya lagi adalah meskipun tidak mempercayainya, perasaan itu terus menghantui saya hingga kini, selang 18 tahun lamanya. Ketika mentok belajar di rumah saya selalu kepikiran pengen kabur ke sekolah buat numpang belajar. Perasaan aneh yang menghantui. Karena itu juga lah, sejak peristiwa itu, saya sama sekali tidak suka dan tidak akan pernah mau diramal. Kalo dilamar bolehlah #eh

2 thoughts on “Tentang Ramalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s